Ads

Sate Klathak, Jajanan MAK NYUS Dari Jogja

Diposting oleh Rumah Dijual di Yogyakarta


Rumah dijual di Yogyakarta | Rumah Jogja TERBARU 2012
Sate Klatak, Sate yang satu ini terbilang cukup unik dan hanya ada di daerah Yogyakarta.

Sate klatak hanya dibumbui dengan garam dan dipanggang menggunakan jeruji besi. Meskipun terkesan sederhana, namun justru kesederhanaan inilah yang menjadi daya tarik sate terebut. Sate klatak ini bahkan mampu menjadi ikon wisata kuliner Yogyakarta.

Ketika sate-sate yang lainnya mengandalkan bumbu beragam sebagai daya tarik utamanya, maka sate klatak tetap bertahan hanya menggunakan garam sabagi bumbu utamanya.

Bagi anda yang baru pertama kali membeli sate klatak mungkin akan sedikit tertegun saat mengetahui jumlah tusukan yang ada dalam satu porsi sate hanya terdiri dari dua tusuk saja.

Namun meski sate ini hanya terdiri dari dua tusuk, irisan daging yang digunakan untuk membuat sate ini terbilang cukup besar dibandingkan sate yang lainnya.

Tusuk yang digunakan sate klatak terbuat dari jeruji besi. Tusuk dari jeruji besi ini digunakan karena sifat besi yang merupakan penghantar panas yang baik.

Sehingga irisan daging sate yang besar bisa matang dengan sempurna.di dalamnya. Untuk menghindari adanya karat dalam tusuk jeruji besi, penjual sate biasanya menggosok jeruji besi dengan pasir setelah dipakai.

Sate klatak yang sudah matang disajikan dengan irisan tomat,mentimun, dan kol. Selain itu ada juga kuah kari yang menjadi pendamping untuk menikmati sate klatak.

Lantaran keunikan bentuk,tempat dan juga rasanya, sate klatak sering menjadi tempat singgah para seniman yogyakarta untuk menghabiskan sisa malam.

Salah satu yang sering berkunjung menikmati sate ini adalah Butet kertaradjasa. Selain seniman lokal,artis ibukota pun juga ada yang menyukai sate ini, misalnya dian sastro dan rike dyah pitaloka.

Harga sate klatak ini terbilang cukup tinggi, harga sate klatak yang ada di pasar jejeran, satu porsi dibandrol dengan harga Rp.10.000,- . Menurut salah satu penjual sate klatak, tingginya harga sate ini dikarenakan irisan dagingnya yang besar dan menggunakan daging kambing terbaik.


DAPATKAN RUMAH IDAMAN ANDA SEKARANG JUGA !!! KLIK DISINI




Ads